Shayat, M. Andik Badrus (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK SMA. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)
![]() |
Text
2184202029 - Artikel.pdf Download (463kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk menciptakan e-LKPD berorientasi kontekstual yang akan membantu siswa berlatih berpikir kritis ketika mempelajari materi eksponen. Dengan menggunakan paradigma pengembangan ADDIE, yang terdiri dari fase-fase analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, penelitian semacam ini dikenal sebagai penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Sidoarjo tahun ajaran 2024/2025. Produk e LKPD dikembangkan menggunakan platform Liveworksheets dengan mengintegrasikan empat indikator berpikir kritis menurut Facione, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil validasi menunjukkan e LKPD memenuhi kriteria “valid” dengan persentase 80,88%, kepraktisan sebesar 89,73% (sangat praktis), dan keefektifan ditunjukkan oleh peningkatan skor berpikir kritis dari rata-rata pretest 40,30 menjadi posttest 79,77. Selain itu, hasil angket respon peserta didik menunjukkan persentase sebesar 76% dengan kategori “baik”. Dengan demikian, e-LKPD berbasis kontekstual yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, berpikir kritis, eksponen, kontekstual. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 06:51 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 06:51 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2361 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |