PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK SMA

Shayat, M. Andik Badrus (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK SMA. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
2184202029 - Artikel.pdf

Download (463kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk menciptakan e-LKPD berorientasi kontekstual yang akan membantu siswa berlatih berpikir kritis ketika mempelajari materi eksponen. Dengan menggunakan paradigma pengembangan ADDIE, yang terdiri dari fase-fase analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, penelitian semacam ini dikenal sebagai penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Sidoarjo tahun ajaran 2024/2025. Produk e LKPD dikembangkan menggunakan platform Liveworksheets dengan mengintegrasikan empat indikator berpikir kritis menurut Facione, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil validasi menunjukkan e LKPD memenuhi kriteria “valid” dengan persentase 80,88%, kepraktisan sebesar 89,73% (sangat praktis), dan keefektifan ditunjukkan oleh peningkatan skor berpikir kritis dari rata-rata pretest 40,30 menjadi posttest 79,77. Selain itu, hasil angket respon peserta didik menunjukkan persentase sebesar 76% dengan kategori “baik”. Dengan demikian, e-LKPD berbasis kontekstual yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, berpikir kritis, eksponen, kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:51
Last Modified: 10 Oct 2025 06:51
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2361

Actions (login required)

View Item View Item