Pengaruh Media Monopoli Terhadap Respon Dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas 3 SD

Ismawati, Ninik and Susilo, Tri Achmad Budi and Rahmawati, Ery (2025) Pengaruh Media Monopoli Terhadap Respon Dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas 3 SD. JPPSD : Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 5 (1). ISSN 2807-7016

[img] Text
2186206026 - Artikel.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini guna mengevaluasi pengaruh media monopoli terhadap hasil belajar dan respon siswa dalam Pendidikan Pancasila kelas 3 sekolah dasar. Menggunakan desain quasi-eksperimental dengan dua kelompok (eksperimen dan kontrol) dari 56 siswa yakni: kelas eksperimen 3A dan kelas kontrol 3B. Alat ukur pada studi ini mencakup pretest–posttest dan angket persepsi siswa. Temuan dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa kelas eksperimen memiliki hasil belajar lebih tinggi (86%) dibanding kelas kontrol (68,9%). Uji Mann Whitney menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 berada di bawah ambang signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H₀) ditolak. Dari temuan tersebut, dapat dinyatakan bahwa penggunaan perlakuan dalam kelas eksperimen berdampak pada perbedaan hasil belajar dibandingkan dengan kelas kontrol. Respon siswa pada media monopoli mendapat skor 92%, yang berarti sangat baik. Berdasarkan hasil diatas menunjukkan bahwa media monopoli dapat berpengaruh terhadap hasil belajar dan respon siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 3 Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran monopoli; Hasil belajar; Respon siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 14 Oct 2025 06:56
Last Modified: 14 Oct 2025 06:56
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item View Item