Kurniawati, Nova Elisabeth Hendi (2025) DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UDENG PACUL GOWANG KHAS SIDOARJO PADA MATERI BANGUN DATAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.
|
Text
2184202055 - Abstrak.pdf Download (256kB) |
|
|
Text
2184202055 - BAB I.pdf Download (288kB) |
|
|
Text
2184202055 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
2184202055 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
|
|
Text
2184202055 - BAB IV.pdf Download (821kB) |
|
|
Text
2184202055 - BAB V.pdf Download (257kB) |
|
|
Text
2184202055 - Daftar Pustaka.pdf Download (466kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pembelajaran matematika berbasis etnomatematika yang menggunakan Udeng Pacul Gowang khas Sidoarjo pada materi bangun datar, khususnya kekongruenan dan kesebangunan segitiga dan segiempat. Pendekatan etnomatematika dipilih untuk menghubungkan konsep matematika dengan budaya lokal, sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan bermakna. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima tahap: investigasi awal, desain, realisasi, evaluasi, dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP PGRI 16 Sidoarjo. Keberhasilan dari desain pembelajaran berdasarkan: (1) validasi ahli yang menunjukan skor rata-rata keseluruhan 3,53 yang tergolong sangat valid; (2) observasi kepraktisan mencapai skor 95,75% yang tergolong sangat praktis; (3) uji keefektifan melalui tes hasil belajar menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 93%, dengan 28 dari 30 siswa mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan dan didukung juga oleh respon siswa yang positif, dengan 80% menyatakan pembelajaran ini menarik. Temuan ini membuktikan bahwa desain pembelajaran berbasis etnomatematika Udeng Pacul Gowang telah valid, praktis dan efektif. Dampak penelitian ini tidak hanya terbatas pada pemahaman konsep matematika, tetapi juga membuka peluang pengintegrasian budaya lokal lainnya dalam pembelajaran matematika. Kontribusi utama penelitian terletak pada pengembangan metode pembelajaran inovatif yang berakar pada konteks budaya. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan menguji desain ini pada materi dan jenjang berbeda, serta mengeksplorasi potensi etnomatematika dari budaya Indonesia lainnya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bangun Datar, Desain Pembelajaran, Etnomatematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:07 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 08:07 |
| URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

