Anisah, Diana Fitri and Aziz, Muhammad Faris Abdil and Fajriyah, Izzatul (2025) Implementasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Materi Organisasi Pergerakan Nasional di Kelas XI MAN Sidoarjo. Jurnal Artefak, 12 (1). ISSN 2580-0027
|
Text
2187201057 - Artikel.pdf Download (644kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui proses perencanaan dan pengimplementasian nilai-nilai nasionalisme, serta kendala yang dihadapi dalam pengimplementasian nilai-nilai nasionalisme pembelajaran sejarah khususnya pada materi organisasi pergerakan nasional di kelas XI MAN Sidoarjo. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dari guru sejarah, dokumen, dan pelaksanaan pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah materi organisasi pergerakan nasional sudah diterapkan sesuai perencanaan dan berjalan dengan baik. Nilai nasionalisme yang diimplementasikan mulai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran meliputi sikap disiplin, bertanggung jawab, religius, menghargai perjuangan jasa pahlawan, dan cinta tanah air. Adapun kendala yang dihadapi guru saat proses pembelajaran yaitu menurunnya tingkah laku siswa, keterbatasan waktu, kekurangan sumber belajar berupa gambar. Upaya guru mengatasi penurunan tingkah laku siswa dengan penanaman moral agar siswa memiliki arah yang baik. Selain itu, keterbatasan waktu implementasi nilai nasionalisme diatasi dengan memperluasnya diluar jam pelajaran sejarah. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya lebih mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai nasionalisme yang dipelajari dalam materi organisasi pergerakan nasional dan dikaitkan dengan konteks lokal Sidoarjo, misalnya melalui belajar tentang tokoh-tokoh lokal yang memiliki semangat perjuangan atau peristiwa sejarah lokal yang relevan.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, nasionalisme, pembelajaran sejarah |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 07:27 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 07:27 |
| URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

