Harindarputri, Tiara and Rahmawati, Ery and Wibowo, Satrio (2025) Pengaruh Media Puzzle Homonim Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 9 (3). ISSN 2597-4440
|
Text
2186206080 - Artikel.pdf Download (601kB) |
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam membangun SDM yang bermutu tinggi. Satu di antara banyaknya tolak ukur keberhasilan dalam proses pembelajaran yakni hasil belajar yang sangat dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media puzzle homonim terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui respon siswa kelas IV SD terhadap media puzzle homonim untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan di SDN Gelam II, Sidoarjo. Penelitian dilakukan berdasarkan hasil observasi peneliti yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dibawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dalam bentuk metode intact group comparison. Hasil menunjukkan nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen adalah 69 dan nilai posttest sebesar 83. Berdasarkan hasil paired sample t-test dapat disimpukan bahwa Sig [2-tailed] 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Berdasaran hasil angket respon siswa terhadap media, media puzzle homonim mendapat 99% respon positif dari siswa. Dengan kata lain, penggunaan media puzzle homonim berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi kata homonim dan mendapat respon positif dari siswa maupun pihak sekolah dan guru.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Media Puzzle Homonim, Sekolah Dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 10:26 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 10:26 |
| URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

