PENGARUH METODE NHT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SUBTEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI RUMAH TERHADAP HASIL DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Bidari, Yayak Efi (2020) PENGARUH METODE NHT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SUBTEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI RUMAH TERHADAP HASIL DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1686206072 - ABSTRAK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1686206072 - BAB I.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1686206072 - BAB IV.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1686206072 - BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1686206072 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
1686206072 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img] Text
1686206072 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ada di kelas II Sekolah Dasar. Siswa kurang bisa memahami materi yang dipelajari sehingga hasil dan keaktifan belajar masih kurang. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin menggunakan metode NHT dan pendekatan Saintifik yang akan menjadi solusi penyemangat siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini mencoba meneliti ada tidaknya hubungan sebab akibat. Penelitian eksperimen ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel X dan variabel Y. Yang dimana X adalah kualitas alat dan Y adalah Kualitas yang dihasilkan. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan dengan sistem BDR (Belajar Dari Rumah) yang berjumlah 12 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik mendapat penilaian dari aspek kelayakan materi sebesar presentase 4,3 dengan kategori sangat valid yang artinya sudah layak untuk digunakan, dan penilaian keaktifan belajar siswa kelas kontrol presentase sebesar 76,6 yang memiliki kategori baik sedangkan penilaian keaktifan belajar siswa kelas eksperimen presentase sebesar 98,3 yang memiliki kategori sangat baik. Penilaian hasil wawancara pada siswa memperoleh presentase sebesar 0,95 yang memiliki kategori sangat baik. Nilai rata-rata tes awal (pretest) adalah 64,50 dengan standart deviasi adalah 5,368 sedangkan untuk nilai tes akhir (posttest) adalah 87,75 dengan standart deviasi adalah 7,967. Perbedaan nilai ratarata hasil tes sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa kelas II SD meningkat sebesar 23,25. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode NHT dengan pendekatan saintifik terhadap hasil dan keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dan berpengaruh sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:19
Last Modified: 22 Jun 2021 08:19
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item