PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERDISKUSI SISWA KELAS 4 SD

Putri, Avara Nifangraeni (2020) PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERDISKUSI SISWA KELAS 4 SD. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1686206006-Abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text
1686206006-BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
1686206006-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img] Text
1686206006-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
1686206006- BAB IV.pdf

Download (780kB)
[img] Text
1686206006-BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
1686206006-Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai lembar kerja siswa terhadap kemampuan berdiskusi siswa pada kelas 4 Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lembar kerja siswa terhadap kemampuan berdiskusi siswa pada kelas 4 Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design), dengan subjek berjumlah 11 siswa dari kelas eksperimen dan kontrol, dikarenakan adanya keterbatasan peneliti untuk melakukan penelitian di era pandemi Covid19. Teknik dan pengumpulan data dengan menggundakan observasi dan pengamatan, Data hasil pengamatan peneliti untuk mengetahui penggunaan lembar kerja siswa terhadap kemampuan berdiskusi siswa yakni penggunaan lembar kerja siswa berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada saat berdiskusi atau berkelompok yang menjadikan hasil kemampuan berdiskusi siswa pada LKS dapat optimal, karena selain bekerjasama dengan kelompoknya siswa juga dituntut untuk mandiri dalam setiap pembelajaran Dengan demikian setiap siswa dapat dengan mudah mempelajari topik yang dipilihnya. Analisis Data hasil observasi untuk mengetahui pengaruh lembar kerja siswa terhadap kemampuan berdiskusi siswa yaitu pengaruh lembar kerja siswa terhadap kemampuan berdiskusi siswa kelas 4 sekola dasar dilihat dari data penelitian observasi kelas kontrol dapat diketahui menunjukkan bahwa nilai terendah yang diperoleh di kelas kontrol yaitu 80 dan nilai yang tertinggi di kelas kontrol yaitu 95 dengan jumlah 5 kriteria penilaian. Nilai ratarata yang diperoleh siswa yaitu mencapai 85,8. Sehingga dapat dilihat pada kelas kontrol setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran berdikusi kelompok mengalami peningkatan yang cukup banyak

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Keterampilan Berdiskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:52
Last Modified: 30 Nov 2021 03:52
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1313

Actions (login required)

View Item View Item