Marlina, Lina (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 3 KELAS IV SD. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
Text
1686206021-Abstrak.pdf Download (130kB) |
|
Text
1686206021-Bab I.pdf Download (232kB) |
|
Text
1686206021-Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
1686206021-Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
|
Text
1686206021-Bab V.pdf Download (127kB) |
|
Text
1686206021-Bab IV.pdf Download (677kB) |
|
Text
1686206021-Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) |
Abstract
Salah satu model yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemandirian siswa pada tema 6 subtema 3 kelas IV SD. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap prestasi belajar siswa pada tema 6 subtema 3 kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021 di SDN Entalsewu Buduran pada kelas IV. Untuk penentuan sampel yaitu dengan teknik Sampling Jenuh. Instrumen penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji validitas tes, uji prasyarat analisis data dan uji Hipotesis. Untuk uji validitas tes meliputi hasil validasi ahli, uji validitas tes, reliabilitas tes, dan tingkat kesukaran soal sedangkan uji prasyarat analisis data mengunakan uji Normalitas dan Homogenitas. Hasil analisis data menggunakan uji Anova One Way. Dilihat dari hasil perhitungan uji anova one way diperoleh hasil pengujian tukey HSD diketahui nilai sig. dari talking stick terhadap kemandirian siswa adalah sebesar 0,86 > 0,05 sedangkan nilai sig. dari talking stick terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 0,99 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemandirian siswa dan prestasi belajar siswa pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 kelas IV SDN Entalsewu Buduran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Talking Stick, Kemandirian Siswa, Prestasi Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Intan Lailatur Rahmani |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 03:53 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 03:53 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1321 |
Actions (login required)
View Item |