Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Kemampuan Matematika

Maharani, Rika Ayu (2020) Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202026 - Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202026 - BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202026 - BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202026 - Daftar Pustaka.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202026 - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1684202026 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
1684202026 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa SMA berdasarkan teori APOS ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah enam siswa SMA Muhammadiyah 3 Tulangan kelas X MIPA 3 yang masing-masing mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan keenam subjek didasarkan pada hasil tes kemampuan matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes: (1) tes kemampuan matematika (2) tes pemahaman konsep matematika dan metode wawancara. Keabsahan data penelitian diperoleh dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika berdasarkan teori APOS pada siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi keempat indikator pemahaman konsep matematika: (1) menyatakan ulang sebuah konsep (2) mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep (3) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika (tabel, grafik, atau diagram) (4) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu serta melalui semua tahapan pada teori APOS yaitu, tahap Aksi, Proses, Objek, dan Skema. Sedangkan siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah hanya memenuhi satu indikator pemahaman konsep matematika yaitu, menyatakan ulang sebuah konsep dan hanya melalui satu tahapan teori APOS yaitu, tahap Aksi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep matematika, teori APOS, kemampuan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:10
Last Modified: 03 Sep 2020 07:10
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item