Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Suhaji, Ihfan Purnama (2020) Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202013 - Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202013 - BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202013 - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202013 - BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202013 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
1684202013 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
1684202013 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)

Abstract

Kemampuan berpikir reflektif adalah kesanggupan berpikir siswa menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan sebelumnya untuk mengidentifikasi, menjelaskan dan mengevaluasi apa yang telah kerjakan sehingga jika melakukan kesalahan siswa mampu memperbaiki guna memperoleh kesimpulan secara benar. Untuk melibatkan kemampuan berpikir reflektif siswa, maka peneliti membuat kegiatan memecahkan masalah matematika dengan setiap siswa memiliki kemampuan berbeda-beda dalam gaya kognitif yaitu field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari yaitu field independent dan field dependent. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI dengan menggunakan tes GEFT untuk mengetahui 4 subjek yaitu 2 siswa jenis field independent dan 2 siswa jenis field dependent. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik yaitu siswa menyelesaian soal TMM dengan think aloud dan introspection untuk dibandingkan dengan hasil wawancara setelah mengerjakan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek jenis field independent memiliki kemampuan berpikir reflektif yang memenuhi fase indikator yaitu reacting (berpikir reflektif untuk aksi), comparing (berpikir reflektif untuk evaluasi) dan contemplating (berpikir reflektif untuk inkuiri kritis) sedangan subjek jenis field dependent tidak mengalami kemampuan berpikir refletif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:17
Last Modified: 15 Jun 2021 07:17
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item