ANALISIS PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN MODUL POP-UP BOOK PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

Muflikhah, Yani (2020) ANALISIS PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN MODUL POP-UP BOOK PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1686206042 - Abstrak.pdf

Download (366kB)
[img] Text
1686206042 - BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
1686206042 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
1686206042 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
1686206042 - Bab V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
1686206042 - BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206042 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pemahaman dan keaktifan siswa dengan menggunakan Modul Pop-Up Book pada kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman dan keaktifan siswa pada pembelajaran tema 5 sub tema 1 menggunakan Modul Pop-Up Book di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif (descriptive kuantitatif). Pada analisis pemahaman menggunakan uji pre-test dan post-test, sedangkan analisis keaktifan menggunakan tes observasi untuk siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Siwalan Panji yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tahap pertama peneliti dilakukan dengan pengamatan observasi I saat pembelajaran kooperatif menggunakan buku tematik dan pemberikan post-test untuk kedua kelas. Kemudian observasi II menggunakan modul pop-up book hanya untuk kelas eksperimen dan diakhiri dengan pemberian soal post-test. Subjek penelitian berjumlah 8 siswa di kelas eksperimen dan 5 siswa di kelas kontrol. Adanya keterbatasan siswa yang diteliti merupakan dampak dari pandemik Covid-19. Analisis pemahaman pada kelas eksperimen mendapat hasil rata-rata dari 56,88 menjadi 86,88 dan kelas kontrol dari 34 menjadi 53. Kategori tingkat pemahaman kelas eksperimen yaitu sedang dengan interval antara skor 80-94. Sedangkan pada kelas kontrol yaitu tingkat rendah dengan interval kurang dari skor 74. Data hasil tes siswa dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan jika - t table ≤ t hitung ≤ t tabel. Maka �0 diterima/ tidak ada pengaruh. Berdasarkan nilai t hitung dan nilai signifikan, diketahui jika �0 kelas kontrol diterima sedangkan kelas eksperimen ditolak. Kemudian pada analisis keaktifan menunjukkan perbedaan pada tahap I dan II, dimana presentase kelas eksperimen dari 78% menjadi 93% dengan selisih 15%. Sedangkan pada kelas kontrol dari 66% menjadi 70% dengan selisih 4%. Kriteria tingkat keaktifan kelas kontrol secara keseluruhan termasuk sedang. Sedangkan kelas eksperimen termasuk kategori tinggi, yang menandakan jika ada pengaruh signifikan pada keaktifan siswa kelas eksperimen setelah menggunakan Modul Pop-Up Book.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Keaktifan, Modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:54
Last Modified: 30 Nov 2021 03:54
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item