Pengembangan LKS Berbasis HOTS Terhadap Keterampilan Pemahaman Materi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Siwalanpanji Sidoarjo

Isnaini, Yasmin Wahyu (2021) Pengembangan LKS Berbasis HOTS Terhadap Keterampilan Pemahaman Materi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Siwalanpanji Sidoarjo. Other thesis, STKIP PGRI SIDOARJO.

[img] Text
1786206041-Abstrak.pdf

Download (222kB)
[img] Text
1786206041-BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
1786206041-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
1786206041-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
1786206041-BAB IV.pdf

Download (540kB)
[img] Text
1786206041-BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
1786206041-Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimana pengembangan lembar kerja siswa berbasis HOTS pada siswa kelas IV sekolah dasar, 2) Bagaimana kefeektifan penggunaan lembar kerja siswa berbasis HOTS terhadap keterampilan memahami materi pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian Research and Development populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 15 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar pada siswa yaitu tes pilihan ganda dan uraian berbentuk Pre test dan Post test sebanyak 10 soal yang telah divalidasikan oleh dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu normalitas dan homogenitas data Pre test dan Post test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) penggunaan LKS berbasis HOTS berperan sebagai media yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran yang di ajarkan guru, 2) hasil keefektifan pengembangan lembar kerja siswa berbasis HOTS terhadap keterampilan pemahaman materi pada siswa kelas IV sekolah dasar diperoleh rata-rata Post test sebesar 84,4, sedangkan rata-rata yang diperoleh dari Pre test sebesar 68,2. berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh jika Sig > 0,5 maka Hₒ diterima jika sebaliknya Sig < 0,05 maka Hₒ ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis HOTS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: LKS berbasis HOTS Terhadap Keterampilan Pemahaman Materi Pada Siswa Kelas IV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:14
Last Modified: 03 Jul 2023 04:14
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1678

Actions (login required)

View Item View Item