Chumairoh, Rahayu Firli (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.
![]() |
Text
1984202019-Abstrak.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
1984202019-BAB I.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
1984202019-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
![]() |
Text
1984202019-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
![]() |
Text
1984202019-BAB IV.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
1984202019-BAB V.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
1984202019-Daftar Pustaka.pdf Download (362kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMA. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa Indonesia, seperti yang ditunjukkan oleh hasil PISA dan TIMSS. Model GI dipilih karena melibatkan kerja kelompok, meningkatkan keterlibatan siswa, serta mendukung pengembangan penalaran kritis. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan desain pre-experimental, hanya menggunakan satu kelas tanpa kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Dharma Wanita 1 Gedangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran matematis, sementara observasi mengukur kemampuan guru mengelola pembelajaran dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model GI efektif dalam melatih siswa untuk berpikir logis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi barisan dan deret aritmetika. Selain itu, observasi terhadap Kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran dan siswa menunjukkan bahwa guru mampu mengelola pembelajaran dengan sangat baik, serta siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran group investigation.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group investigation, Penalaran Matematis, Barisan dan Deret Aritmetika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 06:47 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 06:47 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |