Ramadhany, Alfira (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X PADA MATERI FUNGSI KUADRAT. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.
|
Text
2184202039 - Abstrak.pdf Download (216kB) |
|
|
Text
2184202039 - BAB I.pdf Download (227kB) |
|
|
Text
2184202039 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
2184202039 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
|
Text
2184202039 - BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2184202039 - BAB V.pdf Download (273kB) |
|
|
Text
2184202039 - Daftar Pustaka.pdf Download (287kB) |
Abstract
Pemahaman konsep matematika sangat penting dalam proses belajar, khususnya pada materi fungsi kuadrat yang sering kali dianggap abstrak oleh siswa. Untuk membantu mengatasi kesulitan tersebut, penggunaan media interaktif seperti GeoGebra menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan GeoGebra terhadap pemahaman matematika siswa SMA kelas X pada materi fungsi kuadrat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen model One Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan di SMAS Hang Tuah 2 Sidoarjo pada kelas X-7 tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi guru dan siswa, tes pemahaman melalui posttest, serta angket respon siswa terhadap penggunaan GeoGebra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra membantu siswa memahami hubungan antara bentuk persamaan kuadrat dengan grafiknya secara lebih visual dan bermakna. Sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman yang tinggi dan keterlibatan aktif selama pembelajaran berlangsung. Analisis statistik melalui uji regresi linier sederhana juga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan GeoGebra dan peningkatan pemahaman siswa. Meskipun demikian, beberapa siswa masih memerlukan bimbingan lebih lanjut dalam mengoperasikan fitur GeoGebra agar dapat memanfaatkannya secara optimal. Secara keseluruhan, penggunaan GeoGebra memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran fungsi kuadrat dan dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran berbasis teknologi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | GeoGebra, Fungsi Kuadrat, Pemahaman Matematika, Media Interaktif. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:20 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 07:20 |
| URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

