Pengaruh Media Interaktif Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Materi Cerita Tentang Daerahku Kelas IV SD

Zamzam, Qonitah Fairuz and Dewi, Anggra Lita Sandra and Erdiana, Lita (2025) Pengaruh Media Interaktif Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Materi Cerita Tentang Daerahku Kelas IV SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 9 (3). ISSN 2597-4440

[img] Text
2186206062 - Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif berbasis video animasi terhadap hasil belajar siswa serta keaktifan siswa setelah menggunakan media interaktif berbasis video animasi siswa kelas IV SD pada mata pelajaran IPAS materi “Cerita Tentang Daerahku”. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain true experiment berupa pretest-posttest control group design, di mana satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen menggunakan media interaktif berbasis video animasi dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional berupa PowerPoint. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar (pretest dan posttest) serta observasi keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 85,37%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata 66,25%. Selain itu, keaktifan belajar siswa juga menunjukkan peningkatan yang signifikan, yaitu sebesar 82,81% pada kelas eksperimen dibandingkan dengan 64,74% pada kelas kontrol. Hasil uji-t independen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (p-value < 0,05).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media interaktif, video animasi, hasil belajar, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 11 Nov 2025 05:20
Last Modified: 11 Nov 2025 05:20
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item View Item