ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGAJUAN SOAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

Marisa, Evin (2020) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGAJUAN SOAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202043_ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202043_BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
1684202043_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1684202043_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img]
Preview
Text
1684202043_BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202043_BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202043_Daftar Pustaka .pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kemampuan siswa dalam pengajuan soal ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan 2 tes yaitu tes Group Embedded Figures Test (GEFT) dan tes pengajuan soal kepada 13 siswa kelas VIII. Kemudian dari penelitian ini subjek yang terpilih terdiri dari empat siswa yaitu dua siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dengan perolehan hasil skor tes GEFT 4 sampai dengan 9 dan dua siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan perolehan hasil skor tes GEFT 12 sampai dengan 16. Pemilihan subjek dalam penelitian sebanyak empat siswa, peneliti mengambil secara acak untuk diberikan tes pengajuan soal, adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui pemikiran siswa lebih lanjut dan juga ingin lebih dalam mengetahui kemampuan memahami informasi (soal), menyusun rencana pembuatan soal, membuat soal dan memeriksa soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketidaksamaan pada kemampuan memahami informasi (soal), menyusun rencana pembuatan soal, membuat soal dan memeriksa soal dalam menyelesaikan tes pengajuan soal pada keempat subjek, adapun kemampuan memahami informasi (soal), subjek field dependent dan subjek field independent mendeskripsikan dengan tepat apa yang diketahui dengan bahasanya sendiri. Kemampuan menyusun rencana pembuatan soal, subjek field dependent dan field independent mendeskripsikan dengan jelas untuk rencana membuat soal. Kemampuan membuat soal, Subjek field dependent dan subjek field indpendent mampu membuat soal dengan gambar bangun datar sesuai materi. Kemampuan memeriksa soal, subjek field dependent dan subjek field independent menyelesaikannya dengan memasukkan rumus yang tepat dan menggunakan perhitungan yang benar. Serta memeriksa jawaban dari soal yang dibuatnya dengan sangat teliti kebenaran jawaban yang sudah diselesaikannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: analisis, kemampuan pengajuan soal, gaya kognitif field dependent dan field independent.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Sabila Maharani
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:21
Last Modified: 22 Jun 2021 08:21
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item