PENGARUH SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUB TEMA 3 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Hasanah, Agustin M. Miftakhul (2022) PENGARUH SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 SUB TEMA 3 DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1786206001 - Abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text
1786206001 - Bab 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
1786206001 - Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
1786206001 - Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
1786206001 - Bab 4.pdf

Download (518kB)
[img] Text
1786206001 - Bab 5.pdf

Download (95kB)
[img] Text
1786206001 - Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh soal HOTS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada tema 8 sub tema 3 pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di kelas IV SD. 2. Untuk mengetahui pengaruh soal HOTS terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 sub tema 3 pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di kelas IV SD. 3. Untuk mengetahui respon siswa terhadap soal HOTS pada tema 8 sub tema 3 pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah 11 siswa SDN Mojorangagung dan 11 siswa SDN Kebaron. Penelitian ini menggunakan metode tes tulis untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dan angket untuk mengetahui respon siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh soal HOTS terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 55,7% dan memperoleh nilai korelasi sebesar 0,746 menunjukkan tingkat hubungan kuat. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh soal HOTS terhadap hasil belajar siswa sebesar 49,0% dan memperoleh nilai korelasi sebesar 0,700 menunjukkan tingkat hubungan kuat. Hasil penelitian ini juga membuktikan terdapat respon sangat baik dari siswa hal ini dapat diketahui melalui persentase yang diperoleh yakni 89,09%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Soal HOTS, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 19 Dec 2022 12:30
Last Modified: 19 Dec 2022 12:30
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item View Item