ANALISIS KARAKTER SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Wulansari, Putri (2021) ANALISIS KARAKTER SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1786206029 - Abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text
1786206029 - BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
1786206029 - BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
1786206029 - BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
1786206029 - BAB 4.pdf

Download (400kB)
[img] Text
1786206029 - BAB 5.pdf

Download (114kB)
[img] Text
1786206029 - Daftar Pustaka.pdf

Download (114kB)

Abstract

Dalam melaksanakan pembelajaran, siswa harusnya mampu menerapkan pilar-pilar pendidikan karakter untuk mewujudkan ketercapaian penguatan pendidikan karakter di sekolah, namun karena adanya wabah virus Covid-19 dan terjadi pandemi maka pembelajaran di sekolah sementara dilaksanakan di rumah (daring). Hal ini sangat berpengaruh terhadap karakter siswa pada masing-masing individu dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter siswa kelas V sekolah dasar pada sistem pembelajaran daring tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Kepunten tulangan sidoarjo. Penentuan subjek dilakukan berdasarkan hasil observasi terhadap guru kelas yaitu 6 subjek penelitian yang masing-masing mempunyai 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Instumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu 2 siswa yang berkemampuan tinggi mampu menerapkan pilar pendidikan karakter dan 3 pilar pendidikan karakter, 2 siswa berkemampuan sedang masing-masing menerapkan 3 pilar pendidikan karakter dan 2 pilar pendidikan karakter, sedangkan 2 siswa yang berkemampuan rendah mampu menerapkan masing-masing 2 pilar pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: karakter, pembelajaran daring, pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 19 Dec 2022 12:30
Last Modified: 19 Dec 2022 12:30
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item View Item