Wulansari, Putri (2021) ANALISIS KARAKTER SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
Text
1786206029 - Abstrak.pdf Download (190kB) |
|
Text
1786206029 - BAB 1.pdf Download (263kB) |
|
Text
1786206029 - BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
Text
1786206029 - BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text
1786206029 - BAB 4.pdf Download (400kB) |
|
Text
1786206029 - BAB 5.pdf Download (114kB) |
|
Text
1786206029 - Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) |
Abstract
Dalam melaksanakan pembelajaran, siswa harusnya mampu menerapkan pilar-pilar pendidikan karakter untuk mewujudkan ketercapaian penguatan pendidikan karakter di sekolah, namun karena adanya wabah virus Covid-19 dan terjadi pandemi maka pembelajaran di sekolah sementara dilaksanakan di rumah (daring). Hal ini sangat berpengaruh terhadap karakter siswa pada masing-masing individu dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter siswa kelas V sekolah dasar pada sistem pembelajaran daring tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 3 usaha pelestarian lingkungan di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Kepunten tulangan sidoarjo. Penentuan subjek dilakukan berdasarkan hasil observasi terhadap guru kelas yaitu 6 subjek penelitian yang masing-masing mempunyai 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Instumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu 2 siswa yang berkemampuan tinggi mampu menerapkan pilar pendidikan karakter dan 3 pilar pendidikan karakter, 2 siswa berkemampuan sedang masing-masing menerapkan 3 pilar pendidikan karakter dan 2 pilar pendidikan karakter, sedangkan 2 siswa yang berkemampuan rendah mampu menerapkan masing-masing 2 pilar pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter, pembelajaran daring, pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Intan Lailatur Rahmani |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 12:30 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 12:30 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1499 |
Actions (login required)
View Item |