ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX J MTS NURUL ISLAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS

Faruq, Mohammad Umar (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX J MTS NURUL ISLAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.

[img] Text
1984202013-Abstrak.pdf

Download (48kB)
[img] Text
1984202013-BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
1984202013-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
1984202013-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
1984202013-BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1984202013-BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
1984202013-Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan pemikiran yang masuk akal, sistematis, dan reflektif untuk membuat keputusan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi sesuai kemampuan intelektual. Hasil wawancara peneliti dengan guru pengampu matematika di kelas IX J MTs Nurul Islam 1 menunjukkan bahwa siswa yang diajar pada kelas tersebut secara umum memiliki kemampuan berfikir kritis yang kurang. Hal ini ditandai pada beberapa hal, yaitu siswa sudah mampu untuk menganalisis soal yang diberikan dengan menentukan ide-ide atau strategi dalam menyelesaikan soal tetapisiswa masih belum bisa untuk memeriksa kebenaran dari jawaban tertulis. Selain itu, ada juga siswa yang mampu memeriksa kebenaran dari jawaban yang dituliskan tetapi masih belum bisa membuat kesimpulan yang tepat. Kemudian yang terakhir terdapat siswa yang masih belum bisa memahami maksud soal sehingga siswa tidak bisa menuliskan informasi yang tepat pada soal yang diberikan. Oleh sebab itulah masalah tersebut harus ada analisis lebih dalam terkait kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IX J MTs Nurul Islam 1. Pendekatan penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek pada penelitian ini adalah tiga siswa terpilih dari 34 siswa kelas IX J MTs Nurul Islam 1. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan wawancara. Subjek terpilih akan diberikan soal HOTS yang kemudian data tersebut akan di analisis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil uraian dari analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS yang di ambil dari siswa dengan kemampuan matematika tinggi, diperoleh 1 siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi. Sedangkan dua siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang. Disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematika tinggi kelas IX J MTs 1 Nurul Islam dalam menyelesaikan soal HOTS tergolong dalam kemampuan berpikir kritis sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis kemampuan , berpikir kritis, materi segiempat, soal HOTS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jan 2025 05:22
Last Modified: 15 Jan 2025 05:22
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item