EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN UNLOG (UNO LOGARITMA) PADA SISWA KELAS X SMK

Apriliyanti, Ika (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN UNLOG (UNO LOGARITMA) PADA SISWA KELAS X SMK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.

[img] Text
1984202010-Abstrak.pdf

Download (387kB)
[img] Text
1984202010-BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
1984202010-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1984202010-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
1984202010-BAB IV.pdf

Download (601kB)
[img] Text
1984202010-BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
1984202010-Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)

Abstract

Matematika adalah mata pelajaran fundamental yang diajarkan dari tingkat dasar hingga lanjutan dengan tujuan utama mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreatif, dan keterampilan pemecahan masalah. Materi logaritma, yang dipelajari di SMK kelas X, memiliki aplikasi penting dalam kehidupan sehari�hari, seperti pengukuran intensitas gempa bumi dan terangnya bintang. Oleh karena itu, pembelajaran logaritma perlu dilakukan secara efektif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas media pembelajaran Unlog (Uno Logaritma) dalam mengajarkan materi logaritma kepada siswa kelas X SMK Ma’arif Tanggulangin Sidoarjo, dengan fokus pada kemampuan guru dalam menggunakan media Unlog, proses belajar siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain "One-Shot Case Study", melibatkan 27 siswa kelas X jurusan Manajemen Perkantoran. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian, termasuk lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket, telah divalidasi dan menunjukkan kelayakan dengan revisi kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dan aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik, dengan 80% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan respons siswa terhadap media Unlog mencapai 83,3%. Media Unlog terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, meskipun ada variasi dalam ketertarikan siswa. Penelitian merekomendasikan penggunaan media Unlog secara berkelanjutan dengan penyesuaian berdasarkan umpan balik siswa serta penelitian lebih lanjut dengan variasi media dan durasi yang lebih panjang untuk meningkatkan hasil pembelajaran dan keterlibatan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Pembelajaran Unolog, Materi Logaritma, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jan 2025 05:45
Last Modified: 15 Jan 2025 05:45
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item