Laily, Silpi Nur (2024) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK SMP UBQ NURUL ISLAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI SEGIEMPAT. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.
![]() |
Text
1984202022-Abstrak I.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
1984202022-Abstrak II.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
1984202022-BAB I.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
1984202022-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
![]() |
Text
1984202022-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
![]() |
Text
1984202022-BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1984202022-BAB V.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
1984202022-Daftar Pustaka.pdf Download (257kB) |
Abstract
Matematika adalah ilmu yang membahas tentang bilangan dan perhitungan, membahas masalah bilangan yang berkaitan dengan besaran dan ukuran, mempelajari hubungan antara pola, bentuk dan struktur, cara berfikir, kumpulan sistem, struktur dan alat. Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui letak kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal open ended pada materi segiempat. 2. Untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan perserta didik dalam menyelesaikan soal open ended pada materi segiempat berdasarkan analisis kesalahan Newman. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diambil sesuai dengan kenyataan yang ada di lokasi penelitian. hasil penelitian tentang jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal open ended segiempat bardasarkan prosedur Newman. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui pemberian tes soal open ended dan pedoman wawancara. Tes soal open ended diberikan kepada semua peserta didik dan dipilih tiga subjek yang menyelesaikan semua soal tetapi megalami kesalahan terbanyak. hasil penelitian tes tulis dan wawancara menunjukkan bahwa peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa letak dan jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal open ended materi segiempat berdasarkan Newman adalah sebagai berikut: 1. Kesalahan membaca (Reading errors), 2. Kesalahan memahami masalah (comprehension erros), 3. Kesalahan transformasi (Transformation errors), 4. Kesalahan keterampilan proses (Process skill errors), 5. Kesalahan penulisan jawaban akhir (Endocing errors).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan peserta didik, Materi Segiempat, Open-Ended |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 05:12 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 05:12 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |