Firmanto, Firmanto (2023) MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
Text
c. 18842002034 - Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
d. 18842002034 - BAB 1.pdf Download (452kB) |
|
Text
e. 18842002034 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
|
Text
f. 18842002034 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
|
Text
g.1884202034 - Bab IV.pdf Download (745kB) |
|
Text
h. 18842002034 - BAB V.pdf Download (306kB) |
|
Text
i. 18842002034 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
Abstract
Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah teknik pembelajaran yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis dalam bentuk tulisan. Serta mempertajam ketrampilan berfikir kritis. Maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif Think Talk Write (TTW). Dan kemandirian belajar siswa yang tinggi akan lebih berkembang dan memperoleh prestasi belajar yang sangat baik jika model pembelajarannya menggunakan Model pembelajaran TTW. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang mendeskripsikan kejadian sebab akibat ketika perlakuan diberikan, dan memaparkan seluruh proses awal pemberian perlakuan sampai akhir dari dampak sebuah perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di MTs. Maarif NU Ngaban Tanggulangin Sidoarjo kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar 83,3% kategori sangat baik pada siklus II yang sebelumnya hanya 66,3% pada siklus II. Sehingga respons siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penilitian pada peningkatan kemandirian belajar bisa diukur dengan meningkatnya nilai indikator dalam angket kemandirian belajar sebagai landasan peneliti bahwa dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) akan terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa, yakni angket kemandirian di siklus I menghasilkan nilai 33% siswa menyatakan sangat setuju dan mengalami peningkatan menjadi 50% dalam siklus II. Semakin tinggi tingkat kemandirian belajar siswa, maka semakin tinggi pula tingkat inisiatif siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Talk Write (TTW), dan Kemandirian Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 04:32 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:32 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1751 |
Actions (login required)
View Item |