Penerapan Pendekatan PMRI pada Materi SPLTV di Kelas X SMK PGRI 2 Sidoarjo

Trismawati, Ayu (2019) Penerapan Pendekatan PMRI pada Materi SPLTV di Kelas X SMK PGRI 2 Sidoarjo. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1531004 - Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531004 - BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
1531004 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
1531004 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
1531004 - BAB IV.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531004 - BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531004 - Referensi.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika adalah proses interaksi antara guru dan siswa yang mengolah logika dengan berbagai metode pada suatu lingkungan belajar sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara efektif dan program belajar matematika berkembang secara optimal. Dalam hal ini PMRI telah menekankan matematika dalam pengajaran bermakna dengan mengaitkan kehidupan yang realistik. Siswa disajikan dengan berbagai masalah kontekstual yang dapat dibayangkan dan digambarkan dalam dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada materi SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan pembelajaran "One Shot Case Study". Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan lembar angket respons siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 2 Sidoarjo sebanyak 35 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket. Tahapan pembelajaran dalam penelitian ini terdiri dari (1) memahami konteks, (2) memilih model yang tepat, (3) menyelesaikan masalah realistik, (4) membandingkan dan mendiskusikan penyelesaian masalah, dan (5) menegosiasikan penyelesaian masalah. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini terlihat dari kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan persentase 3,32% tergolong kriteria yang sangat baik, keaktifan siswa dalam pembelajaran yang mencapai 70% dalam satu kelas, ketuntasan hasil belajar yang mencapai 86,67% dengan kriteria yang sangat baik, dan respons positif untuk setiap pernyataan mendapatkan persentase 93,33% tergolong positif

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, PMRI, SPLTV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:12
Last Modified: 16 Jul 2020 07:12
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item