Wati, Viky Herlina (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA WALISONGO GEMPOL. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
|
Text
1684202030 - Abstrak.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
1684202030 - BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
1684202030 - BAB V.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
1684202030 - BAB IV.pdf Download (938kB) | Preview |
|
|
Text
1684202030 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
1684202030 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
Text
1684202030 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
Abstract
Model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang membimbing siswa untuk terampil dan mandiri dalam menyelesaikan masalah melalui proyek nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi perbandingan trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa kelas X IPS-3 SMA Walisongo Gempol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini menggunakan one-shot case study, karena dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Adapun instrumen pada penelitian ini yakni: 1) lembar observasi aktivitas guru 2) lembar observasi aktivitas siswa 3) lembar soal tes hasil belajar 4) lembar angket respons siswa. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa aktivitas guru memperoleh skor 3,8 sehingga dapat dikatakan sangat baik, aktivitas siswa memperoleh persentase ≥ 61% sehingga dapat dikatakan aktif, ketuntasan pembelajaran secara klasikal memperoleh skor 84,375 sehingga dapat dikatakan berhasil, dan angket respons siswa pada setiap indikatornya secara keseluruhan mendapat respons kuat dan sangat kuat, sehingga respons siswa memperoleh respons yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi perbandingan trigonometri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Respons Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 07:12 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 07:12 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/887 |
Actions (login required)
View Item |