PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEKONGRUENAN

Ramadan, Difani Dwi Putra (2025) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEKONGRUENAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.

[img] Text
2084202019 - Abstrak.pdf

Download (317kB)
[img] Text
2084202019 - BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
2084202019 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
2084202019 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
2084202019 - BAB IV.pdf

Download (658kB)
[img] Text
2084202019 - BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
2084202019 - Daftar Pustaka.pdf

Download (417kB)

Abstract

Siswa yang belajar matematika dari pengalaman siswa sendiri dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika. Pendekatan kontekstual adalah salah satu pendekatan belajar yang didasarkan pada konstruktivisme. Hal ini bertujuan untuk menemukan makna suatu hal dengan menghubungkan materi yang dipelajari dengan dunia nyata, baik dalam keluarga, sekolah, komunitas, atau lingkungan warga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pada materi kekongruenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian two group posttest only design. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 di MTs Darun Najah Mojokerto di kelas VIII. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas VIII yang berjumlah 36 orang dan selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni analisis komparatif 2 sampel independen. Setelah dilakukan penelitian dan analisis data maka diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi kekongruenan. Hal ini berdasarkan hasil uji t yang diperoleh yaitu

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: matematika, kontekstual, konstruktivisme, kekongruenan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 07 Oct 2025 06:23
Last Modified: 07 Oct 2025 06:23
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item