Ramadan, Difani Dwi Putra (2025) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEKONGRUENAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.
![]() |
Text
2084202019 - Abstrak.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
2084202019 - BAB I.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
2084202019 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
![]() |
Text
2084202019 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
![]() |
Text
2084202019 - BAB IV.pdf Download (658kB) |
![]() |
Text
2084202019 - BAB V.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
2084202019 - Daftar Pustaka.pdf Download (417kB) |
Abstract
Siswa yang belajar matematika dari pengalaman siswa sendiri dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika. Pendekatan kontekstual adalah salah satu pendekatan belajar yang didasarkan pada konstruktivisme. Hal ini bertujuan untuk menemukan makna suatu hal dengan menghubungkan materi yang dipelajari dengan dunia nyata, baik dalam keluarga, sekolah, komunitas, atau lingkungan warga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pada materi kekongruenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian two group posttest only design. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 di MTs Darun Najah Mojokerto di kelas VIII. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas VIII yang berjumlah 36 orang dan selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni analisis komparatif 2 sampel independen. Setelah dilakukan penelitian dan analisis data maka diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi kekongruenan. Hal ini berdasarkan hasil uji t yang diperoleh yaitu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | matematika, kontekstual, konstruktivisme, kekongruenan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 06:23 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 06:23 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |