Wijayanto, Wijayanto (2024) REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP UBQ NURUL ISLAM MOJOKERTO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.
![]() |
Text
1984202028-Abstrak.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
1984202028-BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1984202028-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
1984202028-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
![]() |
Text
1984202028-BAB IV.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text
1984202028-BAB V.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
1984202028-Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan. Hal tersebut dikarenakan pendidikan berperan dalam usaha membina dan membentuk manusia yang berkualitas tinggi. Pendidikan berkualitas tinggi dapat dicapai dengan meningkatkan mutu pendidikan mulai dari tingkat dasar, menengah sampai pada perguruan tinggi. Peningkatan dan pengembangan kualitas pendidikan dapat diketahui dengan melakukan pengukuran dan evaluasi pada proses kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terus menerus dari awal hingga akhir program. penelitian pada masing-masing tingkat kemampuan matematika menggunakan metode purposive sampling, yaitu metode pemilihan subjek dengan tujuan tertentu. Adapun kriteria pemilihan subjek adalah dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga subjek diharapkan dapat memberikan informasi maksimal dalam wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif kualitatif menggunakan metode purposive sampling, yaitu metode pemilihan subjek dengan tujuan tertentu, Adapun kriteria pemilihan subjek adalah dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga subjek diharapkan dapat memberikan informasi maksimal dalam mendeskripsikan hasil representasi matematis siswa kelas VIII SMP UBQ Nurul Islam Mojokerto dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan kemampuan matematika. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa representasi matematis setiap subjek penelitian pada masing-masing tingkat kemampuan matematika berbeda. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi membuat persamaan matematika dari soal yang diberikan. Persamaan matematika tersebut digunakan untuk menyelesaikan soal. Subjek dengan kemampuan matematika sedang membuat persamaan matematika untuk menyelesaikan masalah pada soal. Akan tetapi, persamaan tersebut tidak sesuai dengan informasi pada soal. Subjek dengan kemampuan matematika rendah, subjek tidak menyelesaikan masalah pada soal dengan melibatkan persamaan matematika. Hal tersebut menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika rendah tidak menggunakan indikator representasi simbolik. Pada representasi verbal, subjek dengan kemampuan matematika tinggi dan sedang memenuhi seluruh indicator. Sedangkan subjek dengan kemampuan matematika rendah tidak memenuhi indikator representasi verbal. representasi visual subjek pada semua tingkat kemampuan matematika (tinggi, sedang, dan rendah) tidak terpenuhi karena semua subjek tidak menyelesaikan masalah pada soal dengan melibatkan grafik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Matematis, Soal Cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 05:45 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 05:45 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |