PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK SMA

Shayat, M. Andik Badrus (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.

[img] Text
2184202029 - Abstrak.pdf

Download (198kB)
[img] Text
2184202029 - BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
2184202029 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
2184202029 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
2184202029 - BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2184202029 - BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
2184202029 - Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) berbasis kontekstual untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi eksponen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Sidoarjo tahun pelajaran 2024/2025. Produk e-LKPD dikembangkan menggunakan platform Liveworksheets dengan mengintegrasikan empat indikator berpikir kritis menurut Facione, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa e-LKPD memenuhi kriteria “valid” dengan persentase sebesar 80,88%. Hasil observasi menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 89,73% dengan kategori “sangat praktis”, yang berarti e-LKPD mudah digunakan dan dipahami peserta didik secara mandiri. Sementara itu, hasil uji keefektifan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dari rata-rata pretest sebesar 40,30 menjadi posttest sebesar 79,77, serta hasil angket respon sebesar 76% dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis kontekstual yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik serta layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, kontekstual, berpikir kritis, eksponen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:42
Last Modified: 10 Oct 2025 06:42
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item