PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI

Alfina, Rafiqa Nur (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.

[img] Text
2084202032-Abstrak.pdf

Download (131kB)
[img] Text
2084202032-BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
2084202032-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
2084202032-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
2084202032-BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
2084202032-BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
2084202032-Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstract

Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik diperlukan sebuah model pembelajaran yang variatif sehingga dapat mempengaruh kemampuan peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang variatif adalah model pembelajaran gabungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Make a Match terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi trigonometri. Model PBL dengan Make a Match memiliki lima tahapan yang merupakan gabungan dari tahapan model PBL dan tahapan model Make a Match. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik memiliki empat tahapan yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 di SMK PGRI 1 Sidoarjo kelas X. Penentuan subjek dilakukan dengan teknik simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji t. Hasil dari penelitian dan analisis data yang telah dilaksanakan diperoleh hasil uji t yaitu

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model PBL dengan Make a Match, kemampuan pemecahan masalah, trigonometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 27 Feb 2025 07:21
Last Modified: 27 Feb 2025 07:21
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item